ptunbandung Berita

Berikut Ini Merupakan Berita Pengadilan tata Usaha Negara

Monitoring Rutin Kinerja dalam Rapat Bulanan Maret 2023

13Mar

Ditulis oleh adminptip

Senin, 13 Maret 2023

     Rapat bulanan secara rutin dilaksanakan sebagai wadah memonitoring dan pembinaan Pimpinan kepada seluruh aparatur Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung. Pada kesempatan ini, Ketua memberikan pembinaan antara lain terkait; Perma No. 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim, Perma No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, SK KMA No. 122 Tahun 2013 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Panitera dan Juru Sita, Kode Etik dan Sanksi Disiplin ASN yang tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan PP No. 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS. Tentunya dengan dilaksanakannya pembinaan oleh Pimpinan, dapat meningkatkan kinerja serta disiplin seluruh aparatur PTUN Bandung.

     Selanjutnya, dalam hal monitoring, Ibu Oenoen, selaku Ketua PTUN Bandung, menyampaikan hasil monev dari Ditjen Badilmiltun terkait dengan pendampingan dalam pembangunan Zona Integritas. Monitoring dan Evaluasi tersebut merupakan kegiatan versi terbaru dari APM yang bertujuan menilai kualitas instansi dalam mencegah tindakan korupsi dan peningkatan pelayanan publik di lingkungan peradilan. Namun, dalam penilaian tersebut, ternyata masih terdapat sekitar 40 % hal-hal yang perlu dilaksanakan oleh PTUN Bandung sebagai perbaikan guna peningkatan kinerja. Di akhir pembinaannya, Ibu Oenoen mengajak seluruh aparatur agar menunjukkan semangat kinerja untuk meraih perdikat WBK.

     Pada rapat bulanan ini, pembinaan juga dilakukan oleh Wakil Ketua, Bapak Dr. Syofyan Iskandar. Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan terkait inovasi-inovasi diharapkan datang dari tim agen perubahan yang baru saja terpilih. Namun, sejatinya seluruh aparatur PTUN Bandung merupakan agen perubahan, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk dapat menyumbangkan inovasi-inovasi baik berbasis IT maupun budaya kerja guna meningkatkan kinerja dan pelayanan publik PTUN Bandung. Tidak hanya dalam hal inovasi, Pimpinan juga akan menyusun analisis beban kerja sehingga dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada pada SDMnya yang tentunya akan berpengaruh pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Fokus peningkatan kualitas SDM saat ini difokuskan pada pengetahuan dan kedisiplinan, serta kinerja.

     Di samping monitoring dan pembinaan, pada rapat bulanan kali ini dilakukan penyerahan penghargaan kepada Bapak Faizal Wahyudin, S.H. sebagai pemenang perlombaan penamaan aplikasi monitoring kinerja berbasis IT terbaru PTU Bandung, dan penghargaan kepada Tim Agen Perubahan yang telah terpilih secara demokratis, yakni dari bagian Kepaniteraan telah terpilih Ibu Hj. Sitti Rahmatiah, S.H., M.H., dan Viranda Oktaviani, S.H. Sedangkan dari bagian Kesekretariatan telah terpilih Bapak Beni M. Kadarisman, S.Kom., dan Patar Mallasak, S.T. Dengan penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat aparatur PTUN Bandung dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.